Friday, July 31, 2015

Tips Untuk Berhenti Merokok

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selamat malam sobat blogger semua.
Udah lama nih gak nge-posting di blog ini karena sibuk ngurusin blog yang lain hehe.

Malam hari ini saya ingin memberikan informasi tips bagi para perokok aktif untuk berhenti merokok.

Merokok menurut sebagian orang itu merupakan kenikmatan yang tiada duanya. Apalagi bila dilakukan setelah makan. Kalau habis makan biasanya para perokok itu mengambil senjata keduanya, yaitu Rokok. Tapi, dibalik kenikmatan rokok itu sendiri banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari kebiasaan kalian untuk merokok. Dampak negatifnya tidak hanya untuk diri kalian tetapi juga untuk orang lain di sekeliling kalian termasuk orang-orang yang kalian sayangi.

Apabila anda ingin bertujuan untuk berhenti merokok dari sekarang, berarti anda sudah mengambil keputusan yang berani karena tidak semua perokok aktif bisa mengambil keputusan untuk berhenti merokok. Mungkin banyak halangan untuk mewujudkan tujuan mulia tersebut, tetapi kalau didasari dengan niat InsyaAllahu anda bisa untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Berikut tips yang bisa saya berikan untuk anda yang ingin berhenti merokok.

1. Berikan alasan untuk berhenti merokok.

Alasan 'merokok tidak baik untuk kesehatan' itu sudah biasa dan belum tentu cukup untuk anda berhenti merokok. Anda membutuhkan alasan-alasan yang lebih memotivasi diri anda untuk berhenti merokok. Seperti misalnya : aku sayang keluargaku dan aku tidak ingin meracuni mereka dengan asap rokok yang saya keluarkan.

2. Lakukan terapi.

Menyatakan bahwa anda telah berhenti merokok total memanglah tidak semudah membalikkan telapak tangan. 95% orang yang ingin berhenti merokok tanpa melakukan terapi akan kembali menggunakan rokok. Mereka beralasan nikotin yang terdapat pada rokok menyebabkan ketergantungan. Dan, otak menjadi terbiasa dengan nikotin dan sangat membutuhkannya.

3. Konsultasi ke dokter.

Konsultasikan dengan dokter anda dan tanyakan kepada mereka apakah ada resep obat yang harus anda konsumsi. Sekarang terdapat pil yang mampu mengurangi rasa lapar yang mempengaruhi zat kimia dalam otak. Pil tersebut juga dapat menjadikan kegiatan merokok sebagai aktifitas yang kurang memuaskan, dan juga mampu membantu mengurangi gejala depresi atau sulit berkonsentrasi.

4. Beritahu keluarga.

Jangan lakukan sendiri saat anda ingin berhenti merokok, beritahukan hal itu kepada keluarga anda, teman anda atau orang terdekat anda. Tindakan seperti ini dapat memberikan perubahan berarti bagi anda. Membicarakan hal tersebut dengan kelompok atau terapis mampu membantu Anda untuk mengidentifikasi strategi dan tindakan Anda untuk berhenti.

5. Jauhkan diri dari alkohol.

Alkohol merupakan pemicu umum untuk merokok. Cobalah untuk mengurangi konsumsi alkohol dari biasanya atau pindah ke minuman lainnya. Pilihlah kopi, teh, atau bahkan air putih. Tetapi, jika kopi dapat menimbulkan efek serupa, tinggalkan kopi dan pilih teh atau air putih. Jika anda biasa merokok seusai makan, tinggalkan kebiasaan tersebut dan gosoklah gigi anda segera atau kunyahlah permen karet agar anda terjauh untuk merokok.

6. Bersihkan rumah.

Setelah anda merokok untuk yang terakhir kalinya, singkirkan asbak, rokok dan pemantik atau korek anda. Cucilah pakaian atau barang lainnya yang meninggalkan bau asap rokok. Gunakan pengharum ruangan untuk menyingkirkan aroma rokok di rumah anda. Hal ini dapat berfungsi untuk menghilangkan ingatan anda dari segala hal tentang rokok.

7. Lakukan olahraga.

Olahraga dapat membantu anda mengurangi kecanduan nikotin. Pada saat rokok ‘memanggil’ anda, segera letakkan sepatu roda dan sepatu olahraga di dekat anda. Lakukan olahraga ringan misalnya berjalan bersama hewan peliharaan atau sekedar berlari pagi juga dapat membantu anda. Kalori yang terbuang juga dapat menangkal penambahan berat badan saat anda berhenti merokok.

8. Konsumsi buah dan sayuran.

Fokuslah pada makanan berupa sayuran, buah-buahan serta makanan rendah kalori lainnya. Dan jangan melakukan diet disaat anda ingin berhenti merokok. Penelitian Duke University mengatakan bahwa makanan tersebut mampu menjadikan rokok terasa buruk.

9. Beri penghargaan pada diri anda.

Penghargaan untuk diri anda ketika anda berhasil berhenti dari kebiasaan merokok akan sangat berharga karena tidak semua orang bisa mendapatkannya.

10. Lakukan untuk kesehatan.

Dari keseluruhan cara diatas, jadikan alasan “melakukan demi kesehatan” sebagai tujuan utama anda. Berhenti merokok memiliki manfaat langsung bagi hidup Anda. Selain menurunkan tekanan darah, menormalkan tingkat karbon monoksida, resiko serangan jantung dan pemulihan kinerja paru-paru akan dapat Anda rasakan setelah dua minggu hingga tiga bulan proses.

source : http://meetdoctor.com/article/cara-menghilangkan-kebiasaan-merokok

Sekian informasi tentang tips untuk berhenti merokok dari saya.
Kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

15 comments:

  1. oke, mau saya coba gan meskipun memakan waktu yang panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba gan siapa tau bisa berhenti :) semangat,

      Delete
  2. perbanyak aktivitas yang paling penitng gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan bener ahaha. tapi untung bukan perokok.

      Delete
  3. Wah nih tipsnya bikin saya pengen stop ngerokok nih :v
    nice post gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo gan berhenti. thanks gan. makasih udah mampir :D

      Delete
  4. Alhamdulillah kalau saya udah berhenti merokok dari 1 smp. Dulu pas 6 sd pernah coba.

    Tapi bagi perokok berat umumnya mereka dialihkan dulu dengan rokok herbal ga mungkin bisa langsung karena sudah kecanduan.

    Semoga dengan artikel ini jadi banyak berpikir merokok itu mengurangi kesehatan.

    Ditunggu juga mas ke blog saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau gitu.
      ya setiap perokok juga pasti awalnya coba-coba pak.

      ya kalo emang dianya niat buat berhenti pasti bisa kok. tidak ada yg tidak mungkin.
      aamiin. terima kasih pak.

      Delete
  5. mantap ane pingin berhenti merokok ijin bookmark gan nanti ane print makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo gan. ane dukung. sip gan. terima kasih :D

      Delete
  6. Kata yang Maniak Perokok Berhenti itu Sulit, malah dy rela gak makan yang penting merokok... mungkin nikotin sudah mengambil pikirannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu gan. nikotin udah ngambil alih pikirannya.

      Delete
  7. visit juga blog ane gan ==> http://www.c4rt-girl.es buat yg mau belajar hacking atau carding dan lain sebagainya.. disediakan tutorial dan full pembelajaran nya

    ReplyDelete

Berikan Komentar Sesuai Topik. Jangan Cantumkan Link Aktif